Perkembangan Bisnis dan Pemasaran di era Transformasi Digital beralan sangat cepat. Kini platform video dan gambar menjadi favorit generasi milenial untuk meraup cuan.
Instagram,
Tiktok dan Youtube juga tumbuh dengan peningkatan eksponensial. Platform musik streaming
dan Podcast Streaming juga tak kalah pesat pertumbuhannya.
Lalu
bagaimana dengan peluang menulis di era transformasi digital seperti sekarang? Jujur dan harus
diakui, kompetitor di bidang tulis menulis online makin hari makin meningkat
tajam.
Platform Blog
dan Website Berita terus bermunculan setiap waktu. Digital Merketing dan
Reviewer juga makin jago. Ebook, jika tak keren dan benar-benar menyelesaikan
masalah plus dukungan kemampuan advertising mumpuni, jangan harap bisa laku
dijual.
Tapi menurut saya pribadi, seseorang tetap bisa raup cuan dari menulis ditengah gempuran transformasi digital dengan platform audio visual. Berikut Alasannya:
Peluang Menulis Di Era Transformasi Digital, Website Terus Tumbuh
Data
Exabytes menunjukan Indonesia mengalami peningkatan tercepat dalam lahirnya
website-website baru termasuk di dalamnya website pribadi dan portal online.
Perusahaan
hosting ternama itu mencatat ada pertumbuhan 9.4 persen untuk kuartal 1 dan 2
2020 terkait website.
Seperti
diketahui, website membutuhkan konten tulisan. Baik untuk sekedar menulis
profil, tentang website atau bahkan konten-konten lain, terlebih portal berita
online.
Dengan kata lain, para praktisi penulis konten jelas masih punya peluang untuk meraup cuan dari keahlian dan hobinya dalam menulis.
Content Writer
Dibalik
tumbuhnya website dan kesan profesional di dalamnya. Ada jasa Content Writer di
dalamnya. Mereka adalah para pekerja tak kenal waktu untuk memberikan jasa
terbaik bagi klien-kliennya.
Content
Writer adalah orang yang bekerja secara profesional memproduksi konten-konten
tulisan yang menarik minat pembaca di media online.
Kontennya
cukup beragam, mulai dari artikel ilmiah populer, konten untuk blog, Affiliate,
SEO, kirimian di sosial media dan sebagainya.
Content
Writer dituntut menulis dengan baik dan relevan dengan jenis media serta
memuaskan kliennya.
Peluang
dalam profesi ini untuk meraup cuan masih potensial, namun kreativitas makin
dituntut karena klien atau pengguna jasa relatif lebih spesifik permintaanya.
Misalkan meminta tulisan berbasis SEO, ada yang meminta sesuai kaidah jurnalistik, ada yang meminta khusus untuk penulisan technical seperti hand book dan manual guide. Ada juga yang spesifik untuk sosial media seperti penulisan caption yang mengundang pembaca untuk hadir di akun pengguna jasa.
Copy Writer
Sedikti
berbeda dari Content Writer, Copy Writer lebih fokus pada tulisan-tulisan
promosi, mengundang secara persuasif dan afirmatif pembaca dan mendorong mereka
untuk mengekseksusi sesuatu misal membeli produk atau menggunakan jasa
tertentu.
Copy Writer
dibayar berdasarkan komisi ketiak pembaca membeli atau menggunakan jasa.
Bayangkan
bila ada 1000 pembaca mengakses tulisan anda lalu mereka tergiring untuk
membeli produk seharga Rp. 1000,000 dan anda mendapat komisi 5 persen! Maka
anda akan menghasilkan Rp 50.000 x 1000 = Rp. 50.000.000 dari komisi anda
sebagai copywriter.
Komisi itu
akan mengalir ke rekening anda bahkan ketika anda tidur, bercanda dengan anak,
atau bahkan traveling ke luar kota.
Meski begitu menjadi Copy Writer profesional tidaklah mudah, ada proses terjal dan investasi yang harus keluar. Tapi sebenarnya ‘Worthed’ dengan apa yang akan anda hasilkan.
e-book
Cuan lain
dari peluang menulis di era transformasi digital bisa anda hasilkan dari menulis e-Book atau buku digital. Jenis
tulisannya beragam, sesuai dengan minat anda. Bisa Novel, fiksi, non fiksi,
buku pelajaran, manual book atau apapun yang anda mampu dan berharga di mata
pembaca.
Poin terakhir sangat penting. Kenapa, orang akan memutuskan membeli produk anda ketika mereka benar-benar perlu dan berguna. Karena faktanya banyak artikel lain yang mungkin sama dengan konten anda dan gratis bisa di copy paste dari internet.
Jasa SEO dan Backlink
Jasa SEO dan Backlink tetap diperlukan untuk mengembangkan bisnis atau produk sebuah perusahaan atau milik pribadi. Setiap produk tentu ingin nangkring di page one google, dan mereka ini ahlinya.
Kerjasama Advertorial dan Konten Dengan Lembaga Pemerintah
Seperti yang
dilakukan penulis dengan Kementerian Kominfo saat ini, penulis yang pandai
harus memanfaatkan berbagia peluang yang ada. Bukan hanya soal nilai, tapi
value dan valensi juga penting sebagai bagian dari karakter penulis.
Bertanggung
jawab terhadap komitmen dan menyajikan tulisan berkualitas menjadi bagian
penting dari integritas seorang penulis, terlepas klien mereka individu ataupun
lembaga.
